Monday, May 21, 2012

Budaya yang harus dihilangkan


Hari minggu merupakan hari yang paling membahagiakan bagi kebanyakan orang, karena di hari inilah semua aktivitas kerja berhenti, dan digantikan dengan aktivitas bersenang-senang. Salah satu tujuan utamanya untuk kota besar dimana saya tinggal adalah Mall.

Kebetulan sekali aktivitas kerja saya di hari minggu adalah di Mall (baca postingan sebelumnya, senin=hari libur saya). Dihari minggu inilah mall menjadi sangat padat karena dipenuhi dengan banyak orang. Hal yang sering kali saya perhatikan, biasanya stand makanan, lift, selalu ramai. Disinilah sesuai judul postingan kali ini, saya hampir selalu melihat kebiasaan buruk yang paling dasar yang dilakukan kebanyakan orang yaitu “tidak bisa mengantri”. Biasanya orang-orang yang memiliki kebiasaan buruk ini tanpa rasa berdosa dan pura pura tidak melihat antrian langsung saling menyerobot… Hmm sayangnya kebiasaan buruk yang lain adalah jarang sekali orang yang menjadi korban serobot tidak mau menegur, mungkin karena malas untuk ribut…. kenapa? karena ada pepatah lain yang pernah saya dengar dari seorang teman “Hidup dikota ini salah ga salah pokoknya harus marah duluan” Metode pembelaan diri paling ampuh.  Saya jadi teringat pernah saat menyebrang jalan ditabrak seorang pengendara motor, dan tanpa rasa bersalah pengendara motor ini langsung pasang kuda-kuda pembelaan diri dengan berteriak-teriak…..
Saya rasa budaya seperti ini harus dikikis… Salah satunya dengan pendidikan yang baik… Semakin terpelajar seseorang seharusnya semakin bisa membawa diri…. tapi mungkin hal ini tidak sepenuhnya benar, karena setelah melihat orang-orang terpelajar yang sering muncul di tivi perilaku mereka justru semakin arogan (ambigu, tapi seharusnya anda tahu siapa yang saya maksudkan. http://dibalikhitam.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
back to top
back to bottom